Archives

  • JLBI
    Vol. 13 No. 1 (2024)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Naskah pertama memuat ketertarikan penulis terhadap masalah Resiliensi Perkampungan akibat adanya perubahan iklim yang terjadi di Kampung Iklim Pucangsawit, Surakarta. Paper kedua menyoroti masalah preferensi mengenai Pemanfaatan Ruang pada Hunian Sederhana untuk Aktivitas Bermain Anak Usia Dini. Topik mengenai citra kota masih menjadi permasalahan yang menarik terutama untuk kota-kota di Indonesia. Dengan menggunakan kajian berdasarkan teori Kevin Lynch, paper ketiga menyoroti masalah Elemen Pembentuk Citra Kota di Kawasan Sukaasih Kecamatan Tangerang. Topik mengenai Pengaruh Karakteristik Jalur Pedestrian di Indonesia terhadap Penilaian Walkability menjadi tulisan keempat pada edisi ini. Selanjutnya pengamatan seputar masalah akibat terjadinya pandemi Covid-19 terhadap perubahan cara bekerja, menjadi fokus penelitian pada tulisan Pengaruh Work From Home Terhadap Perubahan Fungsi dan Kebutuhan Ruangan Pada Rumah Tinggal di Cluster Catalina, Kabupaten Tangerang. Paper terakhir dari edisi ini berjudul Analisis Pengaruh Efisiensi Desain Sirkulasi Terhadap Kemudahan Mobilitas Pengunjung (Studi Kasus: Eco Plaza Citra Raya Tangerang).

     

  • JLBI
    Vol. 12 No. 4 (2023)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Naskah pertama memuat ketertarikan penulis terhadap karya arsitektur di era modern, yang dibahas melalui kajian gaya brutalisme. Penulis kedua pada terbitan edisi Desember tertarik untuk mendalami makna ekspresi dari rumah adat Rote Ndao. Selanjutnya kajian berikutnya adalah penelitian mengenai penataan ruang guna keperluan pengembangan pariwisata di desa binaan Guo. Naskah keempat masih bersinggungan dengan kajian desa binaan, namun terletak di Kota Padang yang dibahas dari sisi aspek geospasialnya. Waterfront City merupakan kasus yang juga menarik untuk diteliti mengingat sebagian besar wilayah Nusantara adalah merupakan wilayah maritim. Naskah yang pembahasannya dilakukan di daerah Ongkoliong Desa Batu Merah menjadi naskah kelima yang dimuat pada terbitan ini. Naskah penutup pada edisi Desember diisi oleh pembahasan mengenai teori proporsi Golden Section Rumah Tongkonan Salassa (Toraja).

  • JLBI
    Vol. 12 No. 3 (2023)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Naskah pertama adalah mengenai penataan fasilitas jalur pedestrian yang diteliti pada Komplek Stadion Pakansari Cibinong, Kabupaten Bogor. Naskah kedua menelaah mengenai Kebutuhan SDM Arsitektur Indonesia dan Kelayakan Pendidikan Arsitektur. Penelitian berikutnya adalah mengenai Kemanfaatan Ruang Salat Utama pada Masjid Al-Hikmah Cunda, Lhokseumawe. Era Covid sudah berlalu, namun topiknya masih cukup menarik untuk dibahas oleh naskah berikutnya yang mengangkat mengenai perubahan Land Surface Temperature Kota Malang. Dua naskah berikutnya adalah bertemakan metode penelitian: Metode Penelitian Survei-Kuesioner untuk Kesesakan dan Privasi pada Hunian Asrama, dan naskah terakhir berjudul: Menetapkan Gatekeeper: Mendapatkan Akses dan Sikap Kerja Sama dalam Penelitian Ruang Ritual dan Teritori Adat.

  • JLBI
    Vol. 12 No. 2 (2023)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Naskah berjudul Kecerdasan Place-making Pentas Barong Kemiren, Banyuwangi menyoroti mengenai kegiatan masyarakat kampung kota yang secara spontan melakukan pelestarian budaya di jalan kampung mereka. Kegiatan hari Minggu di mana masyarakat pengunjung menikmati jajanan khas panganan pagi hari, sambil menyaksikan pentas barong oleh anak-anak menjadi daya tarik kampung wisata ini. Naskah berikutnya adalah mengenai Studi Transfigurasi Masjid melalui Periodisasi Pembangunan Masjid di Indonesia, sebuah studi yang melakukan pembagian kategori masjid yang dianalisis melalui periode pembangunannya. Topik berikutnya menyoroti kegiatan non formal yang memberikan karakter tersendiri di kawasan masjid dengan judul penelitian: Fenomena Pedagang Kaki Lima pada Kawasan Masjid Raya Baiturrahman, Banda Aceh. Naskah berikutnya adalah soroton dari praktisi yang menawarkan sebuah diskursus yang memberikan pengetahuan mengenai Pencarian Kebutuhan Infrastruktur di Kecamatan Karanganyar Kabupaten Ngawi. Evaluasi terhadap Pemanfaatan Ruang Terbuka Publik Tepi Situ Mangga Bolong, Jagakarsa, Jakarta Selatan merupakan penelitian yang mengangkat topik mengenai ruang terbuka kota. Naskah terakhir pada issue ini adalah tulisan yang merupakan laporan pengabdian, dengan judul: Pendampingan Perencanaan Fasilitas Penunjang di Pura Dalem Desa Adat Sebunibus, Kecamatan Nusa Penida, Kabupaten Klungkung, Bali.

  • JLBI
    Vol. 12 No. 1 (2023)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Pentingnya revitalisasi sebuah kawasan demi keberlanjutan Kampung Betawi dibahas dalam naskah berjudul Kajian Evaluasi Revitalisasi Kampung Betawi di Setu Babakan, Jakarta Selatan. Penulis berikutnya masih menyoroti suasana pandemi yang telah berhasil dilalui oleh bangsa Indonesia, dengan mengkaji mengenai Kondisi Lingkungan Termal Ruang Kelas Sekolah Menengah di Area Suburban pada Masa Pandemi COVID-19. Perlunya pengelolaan dalam kawasan cagar budaya menjadi topik yang dibahas oleh peneliti dengan judul: Kajian Manajemen Pengelolaan Kawasan Cagar Budaya: Studi Kasus Kawasan Pusaka Lasem. Sebuah diskursus mengenai pentingnya aspek keselamatan dan kesehatan pada ruang publik perkotaan dan permukiman menjadi bahasan pada tulisan di edisi ini. Selanjutnya, sebuah penerapan metode menjadi bidang garapan oleh peneliti dengan judul Prospek Penerapan Metode PlaceMaker untuk Analisis dan Desain Lanskap Ruang Kota di Indonesia (Studi Kasus: Kawasan Jeron Beteng, Yogyakarta). Naskah terakhir pada edisi Maret 2023 ini adalah mengenai Diskursus Mengenai Peran Arsitek Dalam Penerbitan Persetujuan Bangunan Gedung di Kota Mataram.

  • JLBI
    Vol. 11 No. 4 (2022)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Naskah pertama menyoroti karya arsitek Andra Matin. Peneliti menelaah kreativitas sang arsitek ketika mendesain dengan mengeksplorasi kekuatan material pada karya-karyanya. Naskah berikutnya membahas transformasi spasial homestay di Desa Wisata, Kabupaten Subang. Ketertarikan mengenai objek wisata juga dilakukan oleh peneliti pada naskah berjudul Kajian Arsitektur Neo-Vernakular pada Agrowisata Studi Kasus: Gunung Mas Agrowisata. Perhatian pada aspek masa pandemi menjadi menarik ketika dibahas pada naskah Faktor yang Mempengaruhi Kelompok Usia Muda Mengunjungi Kafe Selama Pandemi Covid-19. Selanjutnya sebuah kota yang mampu menampilkan sisi wisata kota menjadi bahan amatan yang dilakukan oleh penulis pada naskah Analisis Konsep Tourism Business District di Kawasan Cikini Jakarta. Anak dan bermain menjadi kegiatan yang tidak bisa terpisahkan. Hunian sebagai lingkungan terdekat anak menjadi lokus amatan yang ditelaah dan menjadi naskah terakhir dari Volume 11. 

  • JLBI
    Vol. 11 No. 3 (2022)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. “Negeri Seribu Kubah”: Identitas Arsitektur Rokan Hilir dan Pengaruh Selera Penguasa pada Era Pascareformasi memperlihatkan pengaruh politik pada bangunan. Naskah berikutnya memperlihatkan Kajian Penerapan Split Level pada Bangunan Permukiman Ilegal di Bantaran Sungai Cakung Jakarta. Banyaknya masjid berbentuk kubah yang terbuat dari beton, menjadi topik yang dipilih oleh peneliti untuk meneliti mengenai sistem struktur Soko Guru. Naskah berikutnya merupakan hasil penelitian yang memeprlihatkan hubungan antara Tingkat Produktivitas dan Aspek Arsitektural pada Tempat Kerja Produktif. Banjir yang melanda sejumlah daerah menjadi perhatian bagi peneliti untuk mengevaluasi Infrastruktur Hijau Pengendali Banjir. Naskah terakhir dari terbitan di bulan September adalah mengenai Analisis Pencahayaan Alami Rumah Tinggal Menggunakan Simulasi DIALux.



  • JLBI
    Vol. 11 No. 2 (2022)

    Volume ini memuat penelitian menggunakan space syntax pada naskah berjudul: Analisis dan Pemetaan Integrasi Spasial pada Konteks Shrinking Cities berdasarkan Fitur Street Network, Space Syntax. Peneliti berikutnya mencoba untuk membahas mengenai adaptasi mahasiswa kos di Malang untuk mengetahui elemen adaptasi berhuni mahasiswa dan penerapannya pada hunian indekos sebagai tempat tinggal selama menempuh pendidikan. Tulisan berikutnya merupakan sebuah wacana yang dapat membantu pemula untuk menggunakan Teknik Convex Mapping: Analisis Visual Space Syntax. Dari tempat hunian juga, peneliti lainnya melakukan Kajian Pola Kegiatan Bertamu pada Era New Normal. Kegiatan bertamu tentunya akan berubah seiring dengan adanya pandemi. Mau tidak mau, kegiatan ini juga akan berdampak pada ruang-ruang rumah tinggal. Naskah berikutnya membahas Penomoran Rumah dan Pembagian Wilayah: Studi Kasus Karangmalang Yogyakarta. Naskah terakhir membahas Fasad Katedral Sebagai Model in Fill Perancangan Pengembangan Situs Randusari Semarang.

  • JLBI
    Vol. 11 No. 1 (2022)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Preferensi Tempat Bekerja dan Belajar Produktif menunjukkan hasil penelitian mengenai tempat-tempat belajar yang disukai oleh responden, dan dianggap sebagai tempat produktif. Artikel berjudul Ruang-Emosi: Place Attachment Karyawan Kantor terhadap Ruang di dalam Bangunan Kantor adalah hasil penelitian terkait dengan lingkungan tempat bekerja. Sementara artikel berjudul Makna Elemen Shared Space Street Bagi Pesepeda pada Jalur Pedestrian di Koridor Komersial Pecinan Kota Magelang, menunjukkan fenomena kekinian tentang orang-orang yang kini menjadi gemar bersepeda, dan mereka menunjukkan tempat-tempat bermakna. Fenomena kearifan lokal dari arsitektur vernacular ditunjukkan melalui naskah berjudul Prinsip Keberlanjutan dan Ketahanan Lingkungan pada Rumah Tongkonan Toraja. Penelitian yang mengarah pada wisata kuliner dilakukan dalam naskah berjudul Hubungan antara Pendapatan dan Pola Kunjungan pada Kawasan Wisata Kuliner di Indonesia. Kekuatan ketahanan permukiman yang diperlihatkan oleh penelitian berjudul Strategi Permukiman Tangguh Bencana berdasarkan Studi Morfologi Kampung Pengok Kidul, Yogyakarta.

  • JLBI
    Vol. 10 No. 4 (2021)

    Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Naskah berjudul Preferensi Desain Tempat Makan menurut Kelompok Pengunjung Utilitarian, Hedonik, dan Hibrid memuat hasil penelitian terhadap pengunjung restoran yang kemudian dibagi berdasarkan kelompok tipe motivasinya. Naskah berjudul Tiga Belas Aspek Pertimbangan Perancangan Studio Arsitektur: Kelebihan dan Kekurangan, membahas mengenai penelitian penulis dalam studio arsitektur. Naskah berjudul Analisis Integritas Pengayaan Ruang sebagai Performa Tampilan Rumah Limas Palembang adalah bentuk perhatian penulis terhadap kekayaan arsitektur Nusantara yang harus diinformasikan kepada pembaca. Naskah Joglo Varian Baru Dalam Konsep Melankolia Arsitektur adalah bentuk apresiasi penulis dalam menikmati karya arsitektur Joglo. Mahasiswa juga perlu dimintakan pendapatnya terhadap kenyamanan ruang saat melakukan proses belajar mengajar di kampus. Utntuk itulah maka naskah berjudul Kenyamanan Ruang Kuliah di Kampus ITB: Sebuah Persepsi Mahasiswa mengungkap pendapat dan harapan dari mahasiswa terhadap kenyamanan ruang kuliahnya. Naskah Upaya Pelestarian Arsitektur Hotel Des Galeries Batavia di Harmoni mengangkat upaya untuk melestarikan sebuah karya arsitektur.

1-10 of 30