Memperkenalkan Representasi Keberagaman Nusantara melalui Warna Arsitektur pada Anak Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.32315/ti.11.b031Keywords:
anak Indonesia, arsitektur nusantara, pembelajaran kolaboratif, warna arsitekturAbstract
Kekayaan Indonesia berupa keanekaragaman budaya, suku, agama, bahasa, dan adat istiadat penting untuk diperkenalkan kepada anak-anak sebagai penerus bangsa guna keberlanjutan di masa mendatang. Kekhawatiran bahwa nilai-nilai kecintaan terhadap Indonesia pada generasi kini, tentunya akan sirna jika kita sebagai manusia dewasa mampu memberikan pembinaan sejak dini kepada anak-anak. Sebagian pemahaman mengenai kekayaan Indonesia, dapat ditelurusi melalui karya arsitektur sebagai salah satu wujud fisik yang nyata. Sebagai anggota masyarakat yang bergerak di bidang pendidikan arsitektur, dilakukan kegiatan pengabdian masyarakat pada anak-anak Madrasah Ibtidaiyah Plus Syiarul Islam, guna memperkenalkan arsitektur nusantara. Pengabdian dilakukan melalui metoda pendekatan partisipatif dengan cara melakukan kolaborasi dengan anak-anak melalui kegiatan mewarnai berbagai macam bangunan tradisonal. Sambil melakukan kegiatan tersebut, diberikan pemahaman mengenai nilai-nilai keberagaman disertai dengan penjelasan tentang sikap toleransi, kerjasama, serta kesadaran akan pentingnya menjaga keharmonisan dalam perbedaan individu. Diharapkan melalui kegiatan ini, dapat membantu guru serta orang tua siswa agar siswa-siswi tersebut mampu mengaplikasikan penanaman nilai tersebut di masa yang akan datang.