Metode Pencarian Konsep-Konsep Perencanaan bagi Anak Berkebutuhan Khusus
DOI:
https://doi.org/10.32315/ti.11.c063Keywords:
konsep, referensi, perencanaan, anak berkebutuhan khususAbstract
Saat ini bangunan publik di Indonesia sedang berupaya untuk memenuhi kaidah desain yang sesuai dengan kelaikan fungsi bangunan gedung. Salah satu persyaratan pemenuhan agar memenuhi kelayakan bangunan adalah memperhatikan fungsi bangunan agar juga dapat digunakan oleh kaum difabel. Anak berkebutuhan khusus merupakan salah satu pelaku kaum difabel yang sudah saatnya untuk menjadi perhatian. Makalah ini merupakan deskripsi penulis dalam rangka metode untuk mencari rujukan referensi konsep desain terhadap pemahaman untuk merencanakan bangunan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, khususnya bagi difabel pendengaran melalui studi pustaka yang diperoleh menggunakan situs daring. Referensi digunakan sebagai rujukan pemahaman mengingat masih terbatasnya bangunan yang didesain secara khusus bagi anak-anak berkebutuhan khusus, di Indonesia. Hasil dari pencarian terhadap contoh-contoh desain bangunan bagi anak-anak berkebutuhan khusus, menjadi referensi bagi desain yang akan dilakukan pada tahap perancangan bangunan.