Karakteristik Tata Ruang dan Pola Perilaku Pedagang Pasar Informal di Kota Makassar
DOI:
https://doi.org/10.32315/ti.11.c107Keywords:
komoditas dagang, pasar informal, pola perilaku pedagang, ruang berjualan, waktu kegiatanAbstract
Pasar Cidu merupakan salah satu pasar informal di Kota Makassar yang awal terbentuknya secara tidak terencana memperlihatkan permasalahan tata ruang. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan karakteristik tata ruang dagang berdasarkan waktu dan area berjualan, serta menjelaskan pola perilaku pedagang dalam memanfaatkan ruang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan metode fenomenologi. Pengumpulan data melalui observasi, dokumentasi, wawancara tidak terstruktur, dan pemetaan perilaku. Analisis data menggunakan teknik deskriptif dan spasial. Hasil penelitian menunjukkan terdapat area berjualan yang aktif dan tidak aktif. Pola tata ruang dagang yang terbentuk adalah pola linear, pola huruf T, pola huruf L, dan pola huruf U. Pola aktivitas pedagang mengelompok. Sifat pelayanan pedagang menetap, semi menetap, dan tidak menetap. Interaksi pedagang dan pembeli, yaitu pembeli saling berbincang lebih lama dengan pedagang langganannya, interaksi pedagang dengan pedagang ditandai dengan menitip lapak dagangan dan berbincang dengan pedagang komoditas sejenis. Kesimpulan menyatakan bahwa terdapat keterkaitan antara pola perilaku pedagang dengan karakteristik tata ruang dagang di Pasar Cidu.