Potensi Motif Batik Karawang sebagai Pengembangan Wisata Lokal

Authors

  • Imam Baihaqi Kosasih Universitas Komputer Indonesia
  • Firman Irmansyah Universitas Komputer Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.32315/ti.11.e007

Keywords:

Batik Karawang, daya tarik, destinasi wisata

Abstract

Batik adalah bentuk seni dan simbol budaya asli Indonesia. Saat ini batik tidak hanya sekedar kekayaan budaya, namun telah menjelma menjadi sumber daya wisata yang memiliki daya tarik tersendiri. Hal ini didukung dengan wacana Kementerian Pariwisata dan Industri Kreatif mengenai pengembangan potensi pariwisata di berbagai wilayah Indonesia. Kemungkinan ini semakin berkembang seiring berkembangnya pola budaya daerah, salah satunya adalah macam Batik Karawang. Batik Tarawang telah dipopulerkan oleh keluarga Tan Jen Kwat sejak tahun 1860 dan diciptakan oleh Ibu Vincia Hagen (istri pelukis kondang Raden Saleh). Hal tersebut menjadi salah satu potensi menarik untuk dikaji. Penggunaan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi dan penelitian kepustakaan. Hasilnya dari penelitian menemukan bahwa Batik Karawang memiliki beragam motif dan ciri khas, serta memiliki potensi besar tidak hanya untuk pengembangan promosi budaya tetapi juga sebagai destinasi wisata yang lengkap.

Downloads

Published

2023-12-20