EKSPLORASI ASPEK-ASPEK PERANCANGAN PADA SEKOLAH ALAM SEMANGAT BANGSA
DOI:
https://doi.org/10.32315/JDLBI.v1i2.404Keywords:
sekolah alam, metode pembelajaran, aspek-aspek perancangan sekolah alamAbstract
Sekolah alam adalah sekolah dengan konsep pendidikan yang memanfaatkan alam sebagai media pembelajaran secara aktif. Metode pembelajaran sekolah alam dilakukan di ruang terbuka dengan memanfaatkan potensi lingkungan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengeksplorasi aspek-aspek perancangan sekolah alam yang meliputi konsep, kurikulum, metode pembelajaran, aktivitas, dan fasilitas. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan etnografis arsitektural, di mana data diperoleh melalui hasil observasi dan wawancara. Observasi dilakukan dengan cara mengamati subjek penelitian secara langsung, kemudian memetakan kondisi fisik tapak dan bangunan. Wawancara dilakukan dengan merekam narasumber dalam bentuk video dan audio, kemudian ditranskrip kata demi kata. Penelitian ini menemukan bahwa aspek-aspek perancangan sekolah alam harus mempertimbangkan konsep penggunaan alam sebagai media pembelajaran, kurikulum yang mengedepankan pengembangan akhlak, metode pembelajaran yang lebih mengeksplorasi alam, aktivitas seperti kegiatan berkebun, beternak, outbond, serta outing, dan fasilitas seperti ruang kelas terbuka berupa saung atau rumah panggung yang dikelilingi alam.