Implementasi Sistem Parkir Paralel di Kota Surakarta
DOI:
https://doi.org/10.32315/jlbi.7.3.145Keywords:
parkir paralel, Surakarta, kemacetanAbstract
Kota Surakarta mulai menerapkan sistem manajemen parkir pada beberapa ruas jalan yang termasuk dalam kawasan central bussines district yaitu pada ruas Jalan Gatot Subroto-Jalan Dr. Radjiman dan Jalan Yos Sudarso. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi sistem penataan parkir paralel dan mengidentifikasi dampak sistem penataan parkir paralel terhadap aspek lingkungan, sosial serta ekonomi di sepanjang jalan di Jalan Gatot Subroto-Jalan Dr. Radjiman dan Jalan Yos Sudarso. Penelitian ini menggunakan penelitian deskriptif kualitatif untuk mengetahui gambaran umum kondisi Jalan Gatot Subroto-Jalan Dr. Radjiman dan Jalan Yos Sudarso setelah dilakukan penataan parkir dengan sistem paralel dengan melihat faktor lingkungan serta sosial ekonomi. Metode analisis menggunakan parameter lingkungan dan parameter ekonomi-sosial. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu: (1) secara fisik dan lingkungan pemberlakuan sistem parkir paralel merupakan solusi ideal untuk membatasi jumlah kendaraan pribadi yang bertujuan untuk mengatasi kemacetan pada titik-titik tertentu di Kota Surakarta, (2) secara sosial dan ekonomi pemberlakuan sistem parkir paralel menjadi sebuah pemicu permasalahan baru terhadap sektor formal dan informal seperti pedagang kaki lima dan juru parkir. Sebaliknya bagi pejalan kaki mulai diberikan ruang untuk melakukan aktivitas.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2018-03-27
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2018 Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia
![Creative Commons License](http://i.creativecommons.org/l/by-nc/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.