About the Journal

Jurnal Lingkungan Binaan Indonesia (JLBI) merupakan jurnal ilmiah berkala yang dikelola dan diterbitkan oleh Ikatan Peneliti Lingkungan Binaan Indonesia (IPLBI).

Jurnal ini menerima tulisan ilmiah dalam bentuk artikel hasil penelitian, artikel diskursus, dan artikel metode penelitian. Ruang lingkup keilmuan yang diwadahi oleh jurnal ini meliputi bidang arsitektur lanskap, arsitektur perilaku dan lingkungan, pengelolaan pembangunan dan pengembangan kebijakan, perancangan arsitektur, perencanaan dan perancangan kota, perencanaan wilayah dan perdesaan, perumahan dan permukiman, sains dan teknologi bangunan, sejarah dan teori arsitektur dan kota, sistem infrastruktur wilayah dan kota, serta bidang keilmuan lingkungan binaan lainnya.

Announcements

VOLUME 5 Desember 2016 sampai VOLUME 9 September 2020

2023-05-08

Merupakan Volume yang dipindahkan dari JLBI berbasiskan web yang pada Agustus 2022 sempat diretas pihak yang tidak bertanggung jawab. Apabila nomor yang ada berbeda dengan versi web, disebabkan karena terbatasnya arsip fisik dari data-data yang lama. Kami mohon pengertian dari para penulis naskah. Mohon maaf volume 1 sampai dengan volume 5 issue 2 belum dapat kami telusuri kembali. Apabila ada penulis naskah yang memiliki datanya, bisa menghubungi tim redaksi. 

Read more about VOLUME 5 Desember 2016 sampai VOLUME 9 September 2020

Current Issue

Vol. 13 No. 1 (2024): JLBI
					View Vol. 13 No. 1 (2024): JLBI

Edisi ini memuat enam artikel hasil penelitian. Naskah pertama memuat ketertarikan penulis terhadap masalah Resiliensi Perkampungan akibat adanya perubahan iklim yang terjadi di Kampung Iklim Pucangsawit, Surakarta. Paper kedua menyoroti masalah preferensi mengenai Pemanfaatan Ruang pada Hunian Sederhana untuk Aktivitas Bermain Anak Usia Dini. Topik mengenai citra kota masih menjadi permasalahan yang menarik terutama untuk kota-kota di Indonesia. Dengan menggunakan kajian berdasarkan teori Kevin Lynch, paper ketiga menyoroti masalah Elemen Pembentuk Citra Kota di Kawasan Sukaasih Kecamatan Tangerang. Topik mengenai Pengaruh Karakteristik Jalur Pedestrian di Indonesia terhadap Penilaian Walkability menjadi tulisan keempat pada edisi ini. Selanjutnya pengamatan seputar masalah akibat terjadinya pandemi Covid-19 terhadap perubahan cara bekerja, menjadi fokus penelitian pada tulisan Pengaruh Work From Home Terhadap Perubahan Fungsi dan Kebutuhan Ruangan Pada Rumah Tinggal di Cluster Catalina, Kabupaten Tangerang. Paper terakhir dari edisi ini berjudul Analisis Pengaruh Efisiensi Desain Sirkulasi Terhadap Kemudahan Mobilitas Pengunjung (Studi Kasus: Eco Plaza Citra Raya Tangerang).

 

Published: 2024-03-30
View All Issues