PENDEKATAN ARSITEKTUR NARATIF PADA DESAIN RUANG BACA ANAK DI PERPUSTAKAAN DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.32315/JDLBI.v2i2.564Keywords:
Arsitektur naratif, ruang baca anak, perpustakaan digital, desain imersif, pengalaman belajarAbstract
Ruang baca anak di era digital perlu dirancang bukan hanya sebagai fasilitas membaca, melainkan sebagai ruang naratif yang mampu menghadirkan pengalaman belajar yang menyenangkan dan imajinatif. Desain ini mengusung pendekatan arsitektur naratif untuk menciptakan ruang baca anak di dalam perpustakaan digital, dengan menghadirkan elemen-elemen ruang yang bercerita melalui bentuk, warna, cahaya, dan alur ruang. Konsep narasi diterjemahkan dalam zonasi yang memandu anak dari ruang eksplorasi, ruang interaktif digital, hingga ruang refleksi. Integrasi teknologi digital dengan atmosfer naratif menghasilkan pengalaman ruang yang imersif, sekaligus mendorong minat baca dan interaksi sosial anak. Hasil desain menunjukkan bahwa perpaduan narasi arsitektur dengan fasilitas digital mampu memperkuat identitas ruang baca anak yang kreatif, inklusif, dan relevan dengan kebutuhan generasi muda.



















