Setting Fisik Ruang Sosial Anak di Kampung Kota Studi Kasus: Gedongkiwo, Mantrijeron, Yogyakarta
DOI:
https://doi.org/10.32315/jlbi.v9i4.14Keywords:
Ruang Sosial Anak, Setting Ruang, Model Ruang Sosial AnakAbstract
Ruang sosial anak merupakan sebuah ruang yang berfungsi untuk memenuhi kebutuhan perkembangan anak dengan media bermain. Namun dewasa ini perkembangan kota merampas hak anak akan ruang sosial mereka sehingga muncul fenomena ruang sosial anak yang tidak terencana. Hal ini dibuktikan dengan adanya anak-anak memanfaatkan ruang urban sebagai area bermain seperti jalan, tepian sungai, gang, trotoar dan sebagainya. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah rasionalistik dengan sampel amatan terdapat di 15 titik melalui seleksi 3 tahap observasi awal yang bermula dari 25 titik kemudian menjadi 19 dan didapatkan 15 titik ruang yang secara konsisten selalu digunakan anak-anak untuk bermain. Penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan kondisi ruang sosial anak di Gedongkiwo dikaitkan dengan setting fisik yang diminati anak-anak sebagai ruang sosial mereka, serta pengaruhnya pada jenis permainan yang dipilih oleh anak-anak untuk dimainkan. Berdasarkan hasil analisis ditemukan 39 bentuk ruang sosial anak yang kemudian dapat dikategorikan menjadi 10 model setting ruang sosial anak yang berdasarkan pada elemen pembentuk ruang.