Pengaruh Sosial Media Terhadap Aktivitas di Ruang Publik (Studi Kasus Lapangan Merdeka Medan)

Authors

  • Destia Farahdina
  • M. Nawawiy Loebis
  • Wahyuni Zahra

DOI:

https://doi.org/10.32315/jlbi.v9i1.98

Keywords:

ruang publik, aktivitas, sosial media

Abstract

Gaya berinteraksi terus dimodifikasi oleh teknologi baru, namun kehidupan di bentuk oleh kebiasaan umum. manusia perlu berbagi dan berinteraksi satu sama lain bahkan jika keadaannya berubah. Kehadiran Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) mengubah gaya hidup mereka untuk datang bersama-sama dan mengetahui informasi yang terjadi diruang publik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas-aktivitas  yang terjadi di Lapangan Merdeka karena kehadiran sosial media. Penelitian ini menggunakan dua metode dalam mengumpulkan data. Metode primer yang terdiri dari observasi dan kuesioner, serta metode sekunder yang mengandalkan teori dan penelitian terdahulu. Data tersebut di analisis menggunakan analisis interpretasi. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa kehadiran sosial media dapat menentukan citra sebuah ruang publik. Aktivitas yang terjadi di Lapangan Merdeka yang dahulu dominan adalah kegiatan politik namun di masa teknologi seperti sperti saat ini lebih mengarah  ke kegiatan ekonomi dan rekreasi terencana. Perencana di tuntut untuk dapat mengembangkan inovasi baru agar Lapangan Merdeka tetap di minati oleh pengunjung. Seperti informasi yang disampaikan di sosial media mengenai kehadiran Merdeka Walk menjadi daya tarik wisatawan untuk mengunjunginya. Kehadiran sosial media menambah deret aktivitas yang terjadi di Lapangan Merdeka.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-03-15

Issue

Section

Articles