Fenomena Gaya Hidup Kunjungan ke Toko Kopi: Entertainment versus Task Switching

Authors

  • Rika Savitri Institut Teknologi Bandung
  • Annisa S. Riska

DOI:

https://doi.org/10.32315/jlbi.v10i02.37

Keywords:

durasi kunjungan, gaya hidup, motivasi kunjungan, toko kopi

Abstract

Meluasnya persebaran toko kopi menjadi cerminan fenomena gaya hidup. Berbagai konsep toko kopi telah dibangun dengan jenis daya tarik yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap pola kegiatan dan hubungannya dengan durasi kunjungan di toko kopi. Pengumpulan data dilakukan dengan menyebarkan kuesioner daring yang bersifat open-ended. Kuesioner disebar menggunakan metode non-random sampling dengan teknik snowball sampling. Data yang terkumpul diolah secara kualitatif dengan pendekatan conventional content analysis. Hasil analisis mengungkap dua jenis pola kegiatan, yaitu entertainment dan task switching. Entertainment dilakukan oleh pengunjung yang memiliki motivasi untuk mencari hiburan dengan melakukan interaksi sosial dan bersantai, sementara task switching dilakukan oleh pengunjung yang memiliki motivasi untuk melakukan kegiatan serius seperti mengerjakan tugas tetapi juga sekaligus melakukan kegiatan yang dimiliki oleh pengunjung berpola kegiatan entertainment, sesaat setelah kegiatan serius telah dilakukan ataupun sebaliknya. Kepekaan terhadap fenomena ini dapat menjadi pendekatan penting dalam merancang tata ruang dan interior sebuah toko kopi agar dapat merespon dengan baik kegiatan penggunanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Published

2021-06-30

Issue

Section

Articles