Tinjauan Literatur Peran Smart Visual Identity dalam Membangun Branding Smart City

Authors

  • Marinda Noor Fajrina Noviana Putri Universitas Negeri Yogyakarta
  • Tri Mulyani Sunarharum Universitas Gadjah Mada

DOI:

https://doi.org/10.32315/jlbi.v14i2.448

Keywords:

identitas visual, elemen kota, smart city , smart branding

Abstract

Pertumbuhan populasi global menimbulkan tantangan yang signifikan terhadap sumber daya, infrastruktur, dan kelestarian lingkungan yang mendorong urbanisasi. Di Indonesia, populasi telah tumbuh sebesar 4% sejak tahun 2018, dan daerah perkotaan menghadapi tekanan yang besar untuk berevolusi menjadi kota pintar guna meningkatkan kualitas dan keberlanjutan kehidupan perkotaan. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi salah satu penerapan strategi kunci yaitu SVI (smart visual identity) agar dapat membantu kota-kota di Indonesia dalam memperkuat branding untuk menarik investasi dan meningkatkan kualitas hidup. Metode tinjauan literatur digunakan dalam studi ini untuk memahami dan mengeksplorasi interaksi antara arsitektur dan strategi kota pintar dalam meningkatkan branding dan daya saing kota. Penelitian ini secara kritis menilai bagaimana elemen-elemen desain kota berkontribusi terhadap identitas dan daya tarik kota, dengan mengambil wawasan dari studi kasus kota-kota yang telah berhasil menerapkan desain kota pintar. Temuan menunjukkan bahwa inisiatif kota pintar secara signifikan berdampak pada pencitraan kota dengan mengintegrasikan teknologi canggih dengan desain perkotaan yang inovatif, sehingga meningkatkan kelayakan huni, keberlanjutan, dan daya saing ekonomi. Studi ini fokus pada pentingnya identitas visual yang koheren dalam menarik investasi dan meningkatkan interaksi publik dengan ruang kota, yang pada akhirnya mendorong lingkungan perkotaan yang lebih berkelanjutan dan efisien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2025-06-30

Issue

Section

Articles