Hubungan Kolerasi antara Motivasi Kunjungan, Karakteristik, dan Kegiatan di Toko Kopi

Authors

  • Rika Savitri Institut Teknologi Bandung
  • Annisa S. Riska

DOI:

https://doi.org/10.32315/jlbi.v10i03.40

Keywords:

gaya hidup, karakteristik toko kopi, kegiatan, motivasi kunjungan

Abstract

Jumlah toko kopi di berbagai daerah di Indonesia semakin meningkat seiring dengan pergeseran gaya hidup. Setiap toko kopi memiliki karakteristik yang berbeda dan didatangi oleh segmen pengunjung yang berbeda pula. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui hubungan korelasional antara motivasi kunjungan, karakteristik toko kopi, dan kegiatan yang terjadi di dalam toko kopi. Penelitian dilakukan dalam dua tahapan, yaitu tahap pertama penelitian kualitatif eksploratif dengan pendekatan grounded theory dan tahap kedua penelitian kuantitatif eksplanatori dengan pendekatan korelasional. Data penelitian tahap pertama dikumpulkan dengan kuesioner daring terbuka dan dianalisis dengan conventional content analysis. Data penelitian tahap kedua dikumpulkan dengan kuesioner daring tertutup dan dianalisis menggunakan analisis faktor (factor analysis) dan analisis korelasi multivariat (multivariate correlation analysis). Dari hasil analisis terungkap lima pola hubungan korelasional antara motivasi, karakteristik, dan kegiatan, yaitu gratifikasi, sosialisasi, keterjangkauan, peran untuk orang lain (POL), dan pencapaian tujuan. Kepekaan terhadap pola-pola hubungan ini dapat menjadi pendekatan penting dalam merancang tata
ruang dan interior sebuah toko kopi agar dapat merespon dengan baik kegiatan penggunanya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-09-30

Issue

Section

Articles